Bangsal 13

Malam satu suro di malam jumat kliwon mungkin adalah malam yang menyeramkan, begitu kata sebagian orang. Tapi tidak bagi suster Darnia. Baginya setiap malam adalah malam yang menyenangkan, meskipun harus melayani seluruh pasien penghuni rumah sakit khususnya pasien di bangsal 13 ini. Sambil  ngesot.

“Sudah 69 tahun kau mengabdi untuk bangsal 13 ini,  Suster. Sudah begitu banyak suka duka yang kau jalani. Tapi apa kah kau tidak ingin berhenti?” Tanya suster Yana, diperbincangan maghrib yang sangat penting bagi kesinambungan cerita ini.

Suster Darnia hanya tersenyum kecil namun terasa kenthir walau terlihat getir.

“Aku sudah tidak bisa berjalan saat sebelum berada di sini, wahai Suster Yana. Tidak ada kah yang memberitahumu akan hal kecil ini?”

“Oh, maafkan aku, suster Darnia. Yang ku tahu hanya keramas” jawabnya dengan malu malu.

“Kau sendiri? Apakah kau tidak ingin resign dan bersenang senang menggoda manusia?” goda suster Darnia.

“Hiihihihihi, aku kapok menggoda manusia, suster. Terakhir aku menggoda mereka saat aku iseng mengikuti casting iklan shampoo, seorang dokter hewan mengusirku. Hihihihihi” Jawab suster Yana dengan sedih namun tak membuat rasa penasaran suster Darnia hilang.

“Dokter itu cenayang?”  Tanyanya heran.

“Bukan. Waktu itu aku mengikuti kasting iklan shampoo anjing”

“Hi… hi… hi… hi… manusia memang aneh… hi… hihihihihihi” Suster Darnia menggeleng gelengkan kepala saking herannya sambil sesekali memutar kepalanya 360 derajat.

Malam yang hening seketika bingar saat pintu terbuka lebar. Tampak beberapa hantu memasuki ruangan bangsal gelap yang luasnya tidak terlalu luas juga tidak terlalu sempit. Yang sedang-sedang saja.

“Ada yang mau melahirkaaaaan…!!” tereak sebuntal pocong sambil melompat lompat ke arah suster Darnia. “Istri saya mau melahirkan, suster. Padahal hari perkiraan kelahirannya masih satu abad lagi.” Paniknya.

“Suster cepat susteeeeeerrr…!!! Saya udah ga tahan, susteeeerr!!!” tereak kuntil anak. “huuuufffh…. Huufhh….. ini bayi saya mau keluar, susteeerrr…!!!”

“Hi… hi… hi… Sabar dulu ya, bu Kunti… partner saya sedang keramas. Hihihihihi”  suster Darnia menenangkan.

“Suster gak becus!!! Masak ada orang yang mau ngelahirin dianya malah asyik keramasan?!!”

“Hi hi hi… Bu… istighfar, Bu… istighfar… Ingat, kita ini hantu Bu, bukan orang. Hihihihihi” suster Darnia mengingatkan.

“Iya gue tauuu!! Ini kan cuma masalah kebiasaan!! ”

“Iya saya mengerti. Sabar… ikuti aba aba saya, ya… tarik nafaaaass…”

“Loe kira gue oraaaang??!! Gue udah ga punya nafaaaas!! Huuuuffhht… heeeeek…” Bentak Kuntil Anak sambil ngos ngosan, membuat suster Darnia mengurut paha.

“Maaf, ini cuma masalah kebiasaan…” ujar suster Darnia kalem.

“Suster !! ga taaaahhhaaaaaaan, suus… huufht… huufht…”

“iyaaa ngeden terus… waaw… lebat sekali… udah kelihatan itu kepalanya… terus… ngeden terus!!”

“eaaaaaaak… eaaaaaak… eaeaeaeaeak… eaaaaaa… ea e ea e ea e oh oh…” Suara bayi terdengar sangat nyaring sekaligus melegakan.

“Bayinya jenglot” kata suster  Darnia sambil meletakkan bayi Jenglot ke dada ibunya.

Kuntil Anak tersenyum menatap bayinya. Sesekali matanya beradu pandang dengan suaminya yang sedang melompat lompat kecil di samping ranjangnya.

“Pantas saja rambut anumu panjang sekali Kunti, ternyata anak kita Jenglot.” Girangnya sambil terus melompat.

“Kau haus? Sebentar lagi bibimu datang, sayang.” Ujar Kunti kepada bayinya yang mulai menghisap hisap rambutnya sendiri.

“Jenglot lucu… Tante semlohay dataaang bawain ASWEE. Air Susu Kolong Wewe… sekalian wadahnya… hihihihihi…” Kolong Wewe yang baru muncul langsung berlari riang menuju mereka.

Sungguh  malam satu suro yang indah, seindah senyum suster ngesot yang masih menunggu Edward Culun untuk hadir di sisinya. Di sini, di Bangsal 13 ini.

 

~ by Reny Payus on August 2, 2012.

One Response to “Bangsal 13”

  1. *Tindih* *Gulat* *CIPOK* :)))

Leave a Reply

 
