Do You Really Need Investors? (Bootstrap vs Funding)

polls_rich.poor_5338_696409_poll_xlarge

Well, at first i thought it was css framework. DASAR CAH IT! Hahahaha… No, that’s not! Maka marilah kita mulai berbagi cerita kemaren!

Jadi ceritanya, sebulanan ini gue kembali menjadi freelancer. Tapi mungkin karena masih berada dalam masa transisi, gue sedikit terbuai oleh euforia menjadi orang yang… well, you know… FREE. Jadilah gue mencoba untuk mengikuti kegiatan yang bertema STARTUP. Dan kemaren gue mengikuti Startup Biztalk + Pitching Club di JDV yang diadain Dojo-Box, dimana kali ini mendatangkan pembicara hebat dari Oneb1t Media yaitu mas Fachry Bafadal.

Pertanyaan pokok yang diajukan oleh mas Fachry adalah

Do You Really Need Investors?

OF COURSE I AM!! Karena akan membantu mempercepat pertumbuhan Bisnis Kita. Dan yang terpenting, kata salah seorang peserta adalah “MENGGAJI KARYAWAN”. Hahaaaa. Tapi lagi-lagi beliau bertanya “DO YOU REALLY NEED INVESTOR?”

Well, dengan VCs dan Angels, kamu bisa dapet;
1. Duit yang banyak untuk ngembangin Bisnis kamu, tentunya
2. Mentor yang Berpengalaman, karena kita akan bakal dapetin sejuta pengetahuan dalam berbisnis.
3. Koneksi yang sangat-sangat luas
4. Dan masih banyak lagi yang kamu bisa tanya di google! #HLAAAA

And you know what?! Lagi-lagi beliau bertanya, “DO YOU REALLY NEED INVESTOR?” JENG-JENG! Karena…

1. Kamu kadang punya bos baru loh, ngerti gak? Padahal kan kamu yang punya! Yaiyalah secara mereka yang punya duit seHOHAH di sana.
2. Kudu Sharing Profit. LAGI-LAGI YAIYALAH!
3. Ada potensi buat kehilangan kepemilikan. Yang bangun dari awal siapa, coba?! Hihihi.
Dan masih banyak lagi, yang kalau ditulis di sini bakalan panjang!
So.. “DO YOU REALLY NEED INVESTOR?”

Ya jawabannya tetap “OJELAS BUTUH!” seperti halnya mas Fachry yang membutuhkan koneksi yang luas untuk MENGEMBANGKAN bisnisnya. Baca loh, MENGEMBANGKAN.

Nah kalau untuk yang baru memulai seperti gue dan team gue, yang masing-masing masih sibuk dengan kerjaan sendiri-sendiri? Hahahaha. BOOTSTRAPING atau BERUSAHA SENDIRI adalah jawabannya.

Dengan Sumber Daya Manusia berketerampilan pas-pasan dengan dana yang harus didapat dari klien dulu, namun tetep bebas mau ngapa-ngapain. Dan sesungguhnya, menangani klien itu tidak semengerikan menangani investor loh. Kalau dipikir-pikir sih EMANG! Dan sebenernya gue punya penyokong modal. Eaaaaa… hahaha. You know who you’re bro! Thank you! #dadahdadahdarijaoh

Anyway, Kamu sendiri gimana? Butuh investor gak sih? sharing boleh loh XD

~ by Reny Payus on March 11, 2015.

6 Responses to “Do You Really Need Investors? (Bootstrap vs Funding)”

  1. Investor? That’s like toppling off a dictator and replace him with a new tyrant.

  2. ane butuh pengajuan kredit bank ane tembus, gitu aja cukup :p

  3. kalau saya sih milih dapat investor. lebih cepat dapat dana, proyek langsung jalan. kalau ada yang salah paling di omelin saja. kagak nanggung resiko kegagalan.

  4. saya ga butuh investor, butuh istri :))

  5. Aku butuh kamu, Ren…
    #hening

  6. Tag, you’re it: http://edwinlives4ever.com/2015/04/16/i-love-you-but-i-will-never-be-in-love-with-you/

Leave a Reply

 
