Darah oh Darah

HB kurang 0.5pt dari batas normal aja, kalau mau kemo kudu transfusi. Andai punya pacar Edward Cullen, tinggal suruh doi ngider nyari darah brondong. #yekali.
Jadi inget waktu mau operasi elektif dulu, dokter ansthesi ngasi tahunya sehari sebelum operasi. Untungnya itu hari minggu, masi siang, kebetulan si Yuya jenguk dan kami cah socmed. Sibuk lah cari darah 4 kantong.

Ternyata nyari pendonor itu ga mudah. 10 dari pendonor, yang keterima paling 50%nya, itu juga untung-untung. Terpujilah orang-orang yang berbaik hati mendonorkan darahnya, termasuk sukarelawan yang sibuk bantu cari pendonor.

Dan di sini gue diuji. Dokter bilang, ibu kamar sebelah juga butuh darah B, dari hari sebelumnya masih kurang 2ktg lagi. Gue yang waktu itu jg nyari pendonor, ikutan bantuin ibu itu juga.
Tapi… pas ketemu sama anak ibu itu, anaknya itu bener-bener menjatuhkan semua harapannya ke gue, sampe-sampe temen sekamar gue bete dan ngedumel pas anak ibu itu pergi.

Mungkin anaknya lupa kalau gue juga pasien, ga bisa kemana-mana. Sendirian pula, karena mbahnya Rafael belum dateng. Jadi boro-boro gue ke PMI Sardjito buat ngecek, keluar ruangan aja disuruh masuk lagi sama suster. Sementara gue juga butuh 2 kantong darah lagi.

Saat itu gue mikir… gue cari buat gue dulu deh, baru buat ibu itu. Jadilah gue tetep sebar info dan telpon sana sini.

Lalu… dokter dateng dan bilang kalau gue kurang 1ktg lagi. Anaknya ibu itu juga masuk ke kamar gue dan tetep menjatuhkan harapannya ke gue untuk cari darah. Dimarahin donk doi sama dokter, orang gue pasien.

Puji tuhan ada beberapa pendonor yg nelpon dan bilang darah untuk gw sudah terpenuhi dan darah untuk ibu di kamar sebelah juga, karena gue kasi dua nama; Gue dan Ibu itu.

Malemnya anaknya ibu itu bilang ke gue ‘darah ibu saya sudah terpenuhi. Saya sudah bulak-balik nyari di PMI. Mbak juga sudah terpenuhi, ya? Alhamdulillah.’

Gue akuin gue bukan santa, bukan orang suci yg hatinya murni banget, malah cenderung sombong sampe2 bete karena ibu itu ga bilang terima kasih sama sekali.

~ by Reny Payus on December 8, 2015.

One Response to “Darah oh Darah”

  1. sing sabar mak Ren …semoga cepat pulih ya

Leave a Reply

 
